Resep Cara Membuat Nasi Liwet Khas Sunda

Advertisement
Advertisement
Bagi masyarakat Jawa Barat nasi liwet mungkin tak akan asing lagi karena biasanya nasi liwet disajikan pada acara khusus,misalnya sedang liburan dan kumpul dengan keluarga dalam suasana santai karena nasi liwet sangat mudah untuk disajikan dan tidak rumit untuk membuatnya.

Adapun khas pelengkap dari nasi liwet adalah daun salam dan sereh juga ikan asin, teri dan ikan laut lainnya sehingga nasi liwet termasuk masakan sederhana yang dapat disajikan kapan saja dan dimana saja. 

Namun belakangan nasi liwet merupakan sajian utama di restoran restoran sunda atau lesehan dan disajikan dengan sedemikian rupa sehingga terlihat menarik dan membuat penasaran ingin mencicipinya,untuk itu disini kami akan berikan Tips Dan Resep Cara Membuat Nasi Liwet Khas Sunda yang bisa anda praktekan di rumah atau dimana saja:


Bahan dan Bumbu Resep Nasi Liwet Sunda
Bahan yang harus disiapkan dalam membuat nasi liwet khas sunda, diantaranya:
½ kg beras
8 siung bawang merah
3 lembar daun salam
3 batang sere
Penyedap rasa
Garam secukupnya
150 gram ikan asin atau teri
1200 ml air
Bahan pelengkapnya:
Bahan pelengkap Nasi Liwet memang tergantung orang yang ingin memadukannya namun disini kami akan menyajikan resep ayam bakar sebagai pelengkap nasi liwet

1 ekor ayam potong- potong
2 lembar daun salam
2 sdt garam
50 gr gula merah
2 batang sere yang dimemarkan
3 sendok  makan kecap manis
¼ sdt merica bubuk
1000 ml santan
1 sdt ktumbar bubuk

Bahan bumbu ayam bakar yang dihaluskan:

15 butir bawang merah
3 siung bawang putih
Cara Membuat Nasi Liwet Sunda
Cara memasak nasi liwet sunda

1.Cuci beras hingga bersih, masukkan dalam rice cooker / panci, tambahin air serta semua bahan kemudian aduk. Setelah merata, tutup panci dan masak hingga benar-benar matang sempurna.
2.Untuk ayam bakarnya campur dengan semua bumbu yang sudah dihaluskan, masak hingga harum. Tambahkan gula merah, garam, kecap manis dan ketumbar, aduk rata. Kemudian kita masukkan ayam, so masak sambil diaduk-aduk sampai matang. Sesudah itu bakar ayam sambil dioles dengan sisa bumbu dan tambahkan 1 sendok makan minyak goreng, lalu bakar hingga berwarna kecoklatan dan benar-benar matang.
3.Terakhir sajikan nasi liwet bersama tahu tempe, sambal untuk cocolan dan tak lupa kerupuk.



Advertisement